sakit-jantung-bsd-serpong
sakit-jantung-bsd-serpong

Halo warga BSD Serpong, bagaimana kabar kamu semua. Jantung yang sehat merupakan keinginan semua orang, jadi jangan sampai kamu semua memiliki masalah yang berhubungan dengan jantung.

Orang yang mengalami penyakit jantung memang susah untuk sembuh, akan tetapi alangkah lebih baiknya apabila kita bisa menghindarinya sejak dini. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan buruk yang wajib hilang dari warga BSD Serpong agar terhindar dari penyakit jantung.

Kebiasaan Buruk BSD Serpong Penyebab Penyakit Jantung

Rokok dan Penggunaan Tembakau

Apabila kamu adalah perokok berusahalah untuk berhenti, jika ada anggota keluarga yang merokok dukung mereka untuk berhenti merokok, Berhenti merokok memang tidak mudah tetapi lebih sulit lagi untuk pulih dari serangan jantung atau stroke atau hidup dengan penyakit jantung kronis.

Kurang Aktifitas Fisik

Penelitian menunjukkan bahwa setidaknya 150 menit olahraga ringan setiap minggu bisa membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol dan menjaga berat badan yang sehat, Terkadang tuntutan pekerjaan membuat Anda harus duduk berjam-jam, usahakan untuk berdiri dan berjalan jalan sebentar setiap jam . Perubahan kecil dalam rutinitas ini bisa menjaga pembuluh darah tetap fleksibel dan darah mengalir sebagaimana mestinya.

Mengkonsumsi Makanan Yang Tidak Sehat

Pola makan yang mengandung lemak jenuh dan kolesterol dalam jumlah tinggi telah terbukti berhubungan dengan penyakit jantung dan kondisi kondisi lain yang berdampingan seperti atherosclerosis, Selain itu, terlalu banyak asupan garam sodium juga bisa meningkatkan tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu faktor resiko.

Perbanyak buah, sayuran, gandum utuh, lemak sehat, protein dari kacang-kacangan, ikan dan unggas serta rempah-rempah lainnya, Coba kurangi makanan olahan, garam, karbohidrat yang cepat prosesnya dalam tubuh seperti (roti putih, nasi putih, kentang dan semacamnya) daging merah, dan soda atau minuman manis lainnya.

Baca Juga : Daftar Rumah Sakit di BSD Serpong

Mengkonsumsi Alkohol

Terlalu banyak minum alkohol bisa meningkatkan tekanan darah dan resiko terjadinya penyakit jantung, stroke, kanker dan lainnya. Alkohol juga bisa menaikkan kadar trigliserida yaitu lemak dalam darah yang menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur.

Orang yang terbiasa mengkonsumsi alkohol, sebaiknya mulai mengurangi mengkonsumsi alkohol hingga berhenti.

Sering Menahan Stres

bsd-serpong

Beberapa penelitian menunjukkan adanya hubungan antara risiko penyakit jantung koroner dan stres dalam kehidupan seseorang. Misalnya beberapa orang cenderung makan lebih banyak saat sedang stres atau merokok terus-menerus. Riset juga menunjukkan reaksi stres yang terjadi di usia dewasa, bisa menjadi gambaran resiko tekanan darahnya saat paruh baya. Stres bisa memicu pelepasan adrenalin, yang secara sementara akan mempengaruhi fungsi tubuh, detak jantung meningkat, dan stroke. Seiring waktu, terlalu sering mengalami stres bisa merusak pembuluh darah, jantung dan meningkatkan risiko terjadinya serangan jantung dan stroke.

Begadang

Jantung bekerja keras sepanjang hari, dan apabila tubuh tidak mendapatkan cukup tidur dan istirahat, sistem kardiovaskuler juga tidak akan mendapat cukup waktu istirahat yang seharusnya, Detak jantung dan tekanan darah menurun pada fase pertama tidur, kemudian akan naik dan turun sesuai respon atas mimpi yang terjadi pada fase kedua. Perubahan aktivitas jantung yang terjadi sepanjang Malam bisa membantu menjaga kesehatan kardiovaskular.

Jika sering begadang dan mengalami kekurangan tidur kronis tubuh akan menghasilkan kortisol dan adrenalin dalam jumlah tinggi yang serupa dengan respon tubuh ketika mengalami stres, kondisi ini bisa menyebabkan kesehatan jantung menurun.

Malas Menyikat Gigi

Menjaga kebersihan gigi adalah hal wajib, bukan hanya untuk kesehatan mulut tetapi juga secara keseluruhan, Sebuah studi yang terbit pada bulan Mei 2014 dalam jurnal penelitian periodontal menemukan orang yang menderita penyakit jantung, yang rajin menyikat gigi mengalami lebih sedikit masalah dengan kardiovaskular.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bakteri yang berhubungan dengan gigi menyebabkan peradangan pada tubuh dan peradangan ini berhubungan juga dengan meningkatnya resiko terjadinya penyakit jantung, Biasakan untuk membersihkan gigi dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum pelajaran masuk ke pembuluh darah.

Bagaimana artikel barusan? Warga BSD Serpong tentunya harus mempunyai jantung yang sehat dengan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk tadi. Semoga artikel ini bermanfaat, Terima kasih.

error: Content is protected !!